Blog Archive

Ke-4: MTT Gas Turbine Superbike





Sepedamotor ini dirancang sendiri oleh Claudio Castiglioni, Direktur MV Agusta, Varese Italia. Ia ingin menciptakan sepedamotor spektakuler untuk memenuhi strategi pemasaran sembari membuat versi yang benar-benar khusus dan unik.

Sepedamotor ini menggunakan inisial namannya ‘CC’ . Prestasinya, mampu dikebut sampai 315 km/jam. Mesinnya berkapasitas 1.078 cc dan menghasilkan tenaga 198 PS. Dibandingkan dengan moge untuk MotorGP, MV Agusta F4 CC jelas kalah telak.

Lantas apa yang membuatnya mahal? Setiap motor ini diberi pelat platinum yang ditempatkan di atas tengah setang yang memperlihatkan nomor model dari 1 sampai 100. Dengan cara ini, pemilik punya nilai khusus, yaitu eksklusivitas dan hanya dimiliki segilintir orang. Motor ini juga dinilai sebagai mahakarya perusahaan tersebut.


Ke-4: MTT Gas Turbine Superbike
Harga: US $ 175.000 (€ 110.000; Rp 1.728.925.852)


Inilah moge yang memulai popularitasnya dari Hollywood! Bagi yang suka dan pernah menonton film 'Torque' pasti sudah melihatnya. Ya... itulah MTT Gas Turbin Superbike.
Motor ini tidak hanya mahal, juga cepat. Rekor tercepat sepedamotor berdasarkan ‘Guiness World Book Record’ dipegang oleh motor ini. Karena itu pula moge ini dijuluki 'Most Powerful Motorcycle Ever to Enter Series Production’.

Selain menjadi ‘seleb’ di Hollywood, MTT juga punya mesin yang berbeda dibandingkan moge lainnya. Moge ini menggunakan mesin turbin Roll Royce Allison seri 250, yang mampu menghasilkan tenaga 320 @52.000 rpm dan torsi 59 kg-m @2.000 rpm , tranmisi 2 kecepatan otomatis dan rangka dari aluminium. Beratnya cuma 227 kg. Menurut MTT, sang pembuat dari Lousiana, kalau mesin dimodifikasi, tenaga sepedamotor ini bisa mencapai 420 PS dan torsi 69 kg-m.

Motor ini diselimuti fairing dari serat karbon. Di belakangnya dipasang kamera, sedangkan di depan dilengkapi dengan mata radar laser. Untuk menghidupkan mesinnya, cukup menyentuh tombol ‘Smart Start’.


Ke-3: Macchia Nera Concept Bike
Harga: € 150.000 (Rp 2.357.626.162)
Dari namanya sudah diketahui asal usulnya. Motor ini menggunakan mesin Ducati 998RS. Merupakan karya para perancang dan insinyur Italia yang ingin menciptakan motor dengan teknologi sangat hebat, ringan dan mahal. Tujuannya untuk menjadikan motor ini sebagai ‘the ultimate track bike’ dengan konsep: ‘indah-sederhana’ dan ‘sederhana-indah’.

Mesin Testastretta dipasang pada rangka yang dibuat dari logam ringan, yaitu campuran titanium dan aluminium. Dilihat dari samping, rangka Macchia Nera terlihat seperti tali-temali mengikat mesin. Dirancang minimalis sebagai ‘naked bike’ namun dari segi estitika dinilai mengagumkan.

Motor ini tidak diproduksi secara massal. Namun bila ingin memilikinya bisa dipesan. Syaratnya, tentu saja menyediakan uang Rp 2,35 milyar lebih. Orang menyebut sepedamotor ini sebagai mainan mahal!
__________________