Blog Archive

AFF CUP, Indonesia Ganyang Malaysia 5-1

Timnas Indonesia tampil luar biasa di pertandingan perdana Piala AFF yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno. Skuad Merah Putih berhasil menaklukkan Malaysia 5-1.

Luar biasa, mungkin inilah julukan yang pantas disematkan pada para pemain timnas Indonesia yang berhasil menorehkan kemenangan perdananya di Piala AFF yang digelar di Stadion kebanggan mereka Gelora Bung Karno. Skuad Merah Putih mampu tampil beringas dan memghabisi tim Jiran Malaysia 5-1.

Duo naturalisasi Christian Gonzales dan Irfan Bachdim mampu memberikan kontribusi maksimal dan terlihat langsung nyetel dengan pola permainan Indonesia. walaupun sempat tertinggal lebih dulu di babak pertama, namun timnas berhasil bangkit melalui gol yang masing-masing Christian Gonzales, Muhammad Ridwan, Arif Suyono, Irfan Bachdim dan satu gol bunuh diri bek Malaysia, M. Asraruddin.

Hasil ini membawa Indonesia untuk sementara memuncaki Grup A dengan celengan tiga poin. sementara di pertandingan lainnya, Laos dan Thailand hanya mampu berbagi angka sama 2-2.

Jalannya Pertandingan

Indonesia memulai pertandingan dengan tempo cepat dan umpan-umpan pendek dari kaki ke kaki. Catatan khusus bagi tim tuan rumah, masuknya dua pemain naturalisasi Christian Gonzales dan Irfan Bachdim menambah daya dobrak penyerangan Indonesia.

Pergerakan Bachdim di sisi kanan, seringkali merepotkan barisan pertahanan Malaysia yang digawangi Mohammad Asraruddin Putra. Sepuluh menit pertandingan berlangsun, kerjasama apik duo naturalisasi Gonzales dan Bachdim hampir saja membuahkan gol bagi Indonesia, sayang penjaga gawang kedua tim Jiran Kahirul Fahmi masih mampu mengamankan gawangnya.

Asik menyerang, Indonesia justru dikejutkan oleh gol Malaysia di menit 18. Berawal dari sebuah serangan balik cepat, Mohd Safee Bin Mohd Sali melakukan solo run melalui sisi kiri, sebelum akhirnya memberikan umpan cantik pada Norsharul Idlan Bin Talaha dan dapat diselesaikan dengan baik oleh pemain bernomor sembilan itu.

Terhentak setelah kebobolan, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan di menit 21 lewat gol bunuh diri M. Asraruddin. Tusukan Maniani melalui sisi kiri berhasil membuat pemain bernomor punggung dua itu melakukan gol bunuh diri.

Indonesia berbalik unggul di menit 33 melalui Gonzales usai menerima umpan Firman Utina. Dengan sedikit melakukan placing, pemain 34 tahun itu sukses menaklukkan penjaga gawang Kahirul Fahmi. Hingga babak pertama berakhir keunggulan 2-1 Indonesia tetap tak berubah.

Nampaknya pelatih Alfred Reidl merasa puas dengan penampilan anak-anak asuhnya, sehingga tak ada pergantian pemain di awal babak kedua. Tim Merah putih tampil menggila di babak kedua, kerjasama satu dua yang kerap diperagakan Gonzales, Okto Maniani dan Firman Utina kerap kali membuat lini pertahanan Malaysia ketar-ketir.

Indonesia punya beberapa peluang emas di menit-menit awal pertandingan melalui Maniani dan Bachdim, namun mereka masih gagal membobol gawang Fahmi untuk yang ketiga kalinya.

Kerja keras Merah Putih akhirnya membuahkan hasil 52 lewat Muhammad Ridwan. Memanfaatkan umpan terobosan apik Firman Utina, Ridwan yang merangsek ke kotak penalti dari sisi kanan berhasil menceploskan si kulit bundar kedalam gawang.

Catatan khusus bagi tim tuan rumah, kedua bek sayap Indonesia mulai berani keluar dari posnya guna memberikan dukungan bagi Maniani dan Bachdim.

Publik Gelora Bung karno semakin membahana usai akhirnya pemain yang baru saja masuk, Arif Suyono, berhasil mencetak gol keempat bagi Indonesia. Berawal dari kesalahan pemain belakang Malaysia dalam menghalau umpan, pemain yang berjuluk keceng itu berhasil membuat penjaga gawang Fahmi kembali memungut bola dari dalam kawangnya untuk yang keempat kalinya.

Usai bermain apik di sepanjang pertandingan, akhirnya Bachdim menyemurnakan penampilannya dengan melahirkan gol di menit-menit akhir pertandingan, usai memanfaatkan umpan Okto Maniani. Hingga peluit panjang dibunyikan, keunggulan 5-1 Indonesia tetap tak berubah.

sumber =
sumber : inilah.com